PendidikanSitubondo

Terkait Ijazah, SMKN 1 Panji Tetap Menjaga Komitment Dengan GP Sakera

Situbondo S One;
Kelulusan seorang Siswa seringkali di sambut dengan perayaan yang luar biasa, corat coret baju bahkan konvoi sebagai luapan kegembiraan selalu menghiasi tiap pengumuman kelulusan. Namun kebahagiaan perayaan kelulusan tidak berlanjut karena tidak semua siswa mendapatkan Ijazah ( karena masih ada tanggungan di Sekolah ) yang merupakan bukti seseorang Siswa tersebut lulus dan dapat di gunakan untuk melamar kerja ataupun meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi.

Tertahannya atau tidak di terimanya Ijazah ini juga sampai ke telinga Bang Ipoel Ketum GP Sakera, dari pengaduan yang di terima tanggal 29 Maret 2018 Sang Pemangkar mendatangi salah satu Sekolah yang mana ada mantan Siswanya mengadu ke GP Sakera yaitu SMKN 1 Panji. ” Setelah kami melakukan dialog dengan pihak Sekolah memang permasalahan Ijazah tidak sepenuhnya adalah kesalahan Sekolah, namun apapun alasanya jika sampai terjadi penahanan Ijazah adalah tidak benar, Alhamdulillah akhirnya saya sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat bersama pihak sekolah mencari solusi jalan keluar terutama terhadap siswa siswa tidak mampu, Syukurlah setelah terjadi kesepakatan tersebut sudah banyak Ijazah yang di keluarkan ”

Dan ketika ada seorang mantan Siswa SMKN 1 mengadu ke GP Sakera yang bernama Fahmi Asiqin ( Lulusan 2017 ) warga Desa Duwet Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Bang Ipoel langsung memerintahkan Ahmat Fatoni ( Kabiro Investigasi ) untuk mengawalnya dan memberi bimbingan termasuk syarat pengambilan yaitu SKM ( Surat Keterangan Miskin ) untuk segera di urus ke Desa Suwet dan setelah kelengkapan persyaratan itu terpenuhi, hari Selasa 18 Februari 2020 Ahmat Fatoni yang di dampingi team S One dan Fahmi Asiqin serta Astriyati sebagai Wali Murid mendatangi SMKN 1 Panji yang beralamat di Jalan Gunung Arjuna Mimbaan Situbondo.

Setelah di temui oleh Bagian Pelayanan Siswa dan menyerahkan persyaratan pengambilan Ijazah tanpa banyak bicara langsung mengambil dan menyerahkan Ijazah yang di maksud tanpa membayar sepeserpun.

” Saya apresiasi sikap dan komitment SMKN 1 kepada kami dulu dan semoga permasalahan ini tidak terus terjadi juga untuk Sekolah lain yang masih menahan Ijazah muridnya untuk meniru sikap bijak SMKN 1 Panji agar anak didik kita tidak sia sia setelah menempuh pendidikannya ” Ujar Bang Ipoel setelah mendengar bahwa Ijazah sudah di serahkan.

Astriyati yang mendampingi Fahmi Asiqin selaku Wali Murid mengatakan ” Saya berterima kasih kepada SMKN 1 Panji dan juga kepada teman teman GP Sakera yang sudah dengan sabar mendampingi kami untuk mengeluarkan Ijazah adik saya, semoga saja akan banyak lagi Lembaga yang membantu dengan ikhlas tanpa biaya apapun kepada masyarakat yang membutuhkan ” ucapnya haru.

Sementara itu Ahmat Fatoni kepada team S One mengatakan ” Saya kagum dengan sikap dan pelayanan SMKN 1 kepada kami, tidak ada hal yang mempersulit kami bahkan kami di layani dengan senyum ramah, dan semoga Ijazah yang di terima bisa bermanfaat ” ( SO2 )

the authorRedaktur